UMA Peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik di Sumatera Utara

12/30/2019
 Alhamdulillah, peringkat Webometrics Universitas Medan Area periode – II tahun 2018 baru saja resmi diterbitkan oleh webometrics.info. Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui aplikasi dan sistem informasi berbasis website yang dimiliki dan dikembangkan Universitas tersebut. Webometrics melakukan pemeringkatan dan penilaian terhadap lebih dari 30.000 Perguruan Tinggi di seluruh dunia.
Universitas Medan Area pada periode Juli 2018  ini menempati Peringkat ke-1 Perguruan Tinggi terbaik (Regional) se-Sumatera Utara dalam pemanfaatan web, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, sedangkan untuk peringkat Indonesia (Nasional) UMA meraih peringkat ke-24.

Berikut urutan peringkatan berdasarkan 5 besar di Sumatera Utara :
Kenaikan peringkat ini sangatlah drastis dari periode setiap tahunnya, semenjak kurun  tahun 2014 Universitas Medan Area peringkat dunia dari 17.000 lebih dan saat ini tahun 2018 menjadi peringkat 1.642, Alhamdulillah.
Kepala Pusat Data dan Aplikasi Informasi (PDAI) UMA, Ady Satria, S.T. menjelaskan bahwa penilaian Webometrics World Rank memiliki 4 komponen parameter penilaian yang menjadi indikator utama penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (5%)Impact (50%)Openness (10%), dan Excellence (35%).
Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.
Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.
Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).
Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).
Ady Satria menambahkan bahwa semua pihak di Universitas Medan Area baik dari Ketua Yayasan dan Rektorat sangat mendukung penuh pengembangan aplikasi berbasis web yang dikelola secara mandiri oleh tim IT di kampus Universitas Medan Area.

Sumber berita: Universitas Medan Area 

Universitas Medan Area Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi Prodi Agribisnis Fakultas Teknik Prodi Elektro Prodi Mesin Prodi Arsitektur Prodi Informatika Prodi Sipil Prodi Industri Fakultas Psikologi Fakultas Isipol Prodi Pemerintahan Prodi Administrasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Prodi Manajemen Prodi Magister Psikologi Prodi Magister Hukum Prodi Magister Administrasi Publik Prodi Magister AgribisnisPascasarjana Universitas Medan Area Prodi Doktor Ilmu Pertanian

Author : Jaka Kusuma

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Himbauan sebelum berkomentar:

1. Dilarang spam dalam komentar.
2. Selalu menjaga etika dan kesopanan dalam berkomentar.
3. Harap memberikan pendapat anda baik itu suka, kritik, saran atau komentar.
4. Dilarang memasang link aktif, karena untuk kenyamanan kita semua.

Terimakasih karena telah berkomentar dengan Baik dan Bijaksana serta dengan Beretika.
Salam Admin